Kelebihan Dan Kekurangan Poles Marmer

Marmer adalah jenis batuan yang paling banyak digunakan untuk menghiasi lantai karena memiliki daya tarik lain daripada yang lain. Coraknya yang sangat alami nampak sangat indah berkilau tatakala sudah dipoles sedemikian rupa.

Diantara kelebihan batu marmer yang menjadikan ia pilihan banyak orang adalah :

1. Tahan panas

Marmer bukanlah benda konduktor panas, jadi kita tidak akan merasakan kaki kita kepanasan saat berjalan di atas lantai marmer.

2. Memiliki varian warna dan corak yang banyak

Corak yang pada marmer adalah corak asli dari batuan tersebut sejak pertama kali dikeluarkan dari dalam tanah. Coraknya akan tetap sama meskipun telah melalui proses industri yang panjang.

3. Tidak mudah tergores

Struktur permukaan batuan marmer yang sangat kokoh membuatnya tidak mudah tergores jika dibandingkan dengan material lain.

4. Tahan lama

Kelebihan yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan lingkungan dan mobilitas yang normal, marmer bisa bertahan sampai puluhan tahun.

Terlebih lagi jika dibarengi dengan perawatan yang optimal marmer bisa bertahan lebih lama lagi.

Selain memiliki kelebihan, ada juga beberapa kekurangan minor yang dimiliki oleh marmer, namun tidak banyak mempengaruhi pilihan sebagian besar masyarakat.

1. Permukaan yang relatif licin

Memang banyak orang yang mengatakan bahwa lantai marmer cenderung memiliki permukaan lebih licin daripada material yang lain. Namun hal tersebut tidaklah akan terlalu membahayakan jika Anda tetap berhati-hati. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memilih untuk memakai alas kaki yang sesuai untuk lantai yang licin. Mulai dari sandal sampai sepatu, banyak yang dibuat khusus untuk berjalan di atas lantai yang licin.

2. Harga yang mahal

Bukan rahasia lagi bahwa harga marmer juga merupakan yang tertinggi dibanding dengan yang lainnya. Kualitas dan tampilan menawan serta mewah yang ditawarkan memang terasa wajar jika marmer dibanderol mahal.

3. Susah untuk diperbaiki

Meskipun memiliki struktur yang kokoh, tetap saja ia masih bisa mengal
ami kerusakan seperti lubang dan retakan apabila sampai kejatuhan benda yang berat. Maka dari itu, sebaiknya Anda menjauhkan benda benda tersebut dari lantai marmer Anda.

Kelebihan dan kekurangan marmer di atas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih material lantai.

Namun, rasanya sulit menolak dan berpaling dari kelebihan yang dimiliki marmer karena kekurangnnya pun tidak terlalu signifikan.

Apabila lantai marmer telah berumur, maka besar kemungkinan akan banyak goresan dan menjadi kusam. Marmer pun tidak akan mengkilap seperti dahulu.

Jika Anda telah mengalami hal ini, maka jangan terlalu risau. Anda tetap bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan poles marmer.

Poles marmer dilakukan dengan melakukan pembersihan terhadap permukaan marmer dengan cairan dan alat khusus supaya segala benda yang menempel dan mengotori marmer seperti noda dan debu yang mengeras bisa hilang.

Anda memiliki dua pilihan jika ingin melakukan poles marmer. Yaitu dengan menggunakan jasa tukang poles ataupun melakukannya
sendiri di rumah. Tentu hal ini tergantung budget dan pereferensi Anda. Jika menginginkan lantai marmernya bersih dan kembali berkilau dengan hasil maksimal, maka Anda mungkin harus menyewa jasa tukang poles marmer. Tentunya, Anda harus menyediakan dana yang cukup mahal untuk ini. Tapi harga pasti akan berbanding lurus dengan kualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *