Mengapa Busana Muslim Dipakai

Setelah beberapa tahun lamanya hidup sebagai seorang muslim, pernahkah bertanya-tanya seperti ini: “Mengapa harus saya mengenakan busana muslim?”, “Mengapa busana muslim diperlukan dalam keseharian?” “Apa bedanya busana muslim dengan busana yang lain?”
Pernahkah anda bertanya seperti itu? Pada akhirnya, pertanyaan-pertanyaan tersebut tak terjawab, menjadi sebuah belenggu yang menghantui hari-hari anda. Jika belum, coba tanyakan pada diri anda sendiri dan coba cari tahu jawabannya.

Jika belum tahu jawabannya, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk menengok beberapa jawaban kami mengenai “mengapa busana muslim dikenakan?”. Nah, berikut ini alasan yang mendasarinya:

1. Bentuk pertanda bahwa seseorang adalah muslim. Salah satu bentuk pertanda bahwa seseorang adalah muslim sebenarnya tidak serta merta dilihat dari busananya saja. Sebenarnya, ada banyak kriteria seseorang bisa dikatakan muslim atau tidak tanpa melihat busana yang dikenakan. Akan tetapi, dengan menggunakan busana muslim, orang lain dapat menentukan apakah seseorang adalah muslim secara kasat mata saja.

2. Wujud mentaati perintah Allah. Sudah jelas bahwa seorang muslim wajib untuk menutup aurat. Hal ini sangat jelas terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadist. Dijelaskan bahwa batasan aurat laki-laki dan perempuan berbeda dalam aturannya. Batasan aurat laki-laki dimulai dari lutut sampai perut. Sementara itu, batasan aurat perempuan dimuali dari sekujur tubuh kecuali mula dan telapak tangan. Dengan menutup aurat, menunjukan bahwa seorang muslim wajib mentaati perintah Allah SWT.

3. Sudah terbiasa mengenakan busana muslim sejak kecil.
Salah satu penyebab seseorang mengenakan busana muslim adalah karena kebiasaan sejak lama. Pengaruh didikan orang tua dalam berbusana juga membawa pengaruh yang luar biasa terhadap pemilihan dan selera berpakaian ketika dewasa. Meskipun begitu, ketika dewasa, orang cenderung tidak bergantung terhadap pilihannya ketika kecil. Ketika dewasa, konsep berpakaian cenderung lebih bebas, namun juga baiknya tetap mengikuti norma dan aturan yang berlaku.

4. Mentaati norma dan aturan yang berlaku. Salah satu bentuk ketaatan terhadap norma dan aturan yang berlaku adalah dengan menunjukkan kesopanan berperilaku. Kesopanan berperilaku juga terbentuk dari salah satunya cara berpakaian seseorang. Seseorang dengan pakaian terbuka, cenderung dijauhi dalam masyarakat. Masih ada anggapan di masyarakat bahwa gadis dengan pakaian terbuka adalah wanita nakal. Meski anggapan ini tidak sepenuhnya benar, namun sebaiknya jika sudah terjun ke masyarakat, menjaga nama baik diri sendiri adalah suatu hal yng disarankan. Menggunakan busana muslim dalam keseharian termasuk upaya menjaga nama baik.

Untuk itulah, berikut tadi salah satu alasan mengapa beberapa orang menggunakan busana muslim . Akan selalu ada manfaat dan kekurangan dari suatu pilihan, termasuk dalam hal berpakaian. Hal yan. terpenting adalah, jangan memaksakan menjalani sesuatu. Tiada suatu paksaan dalam berpakaian termasuk memilih-milih menggunaman busana muslim dalam kehidupan sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *