Apakah Bayi Baru Lahir Wajib di Aqiqah? Begini Jawaban Menurut aqiqahalkautsar.com

Mengutip dari beberapa pertanyaan yang mengenai Aqiqah yaitu : apakah setiap kali melahirkan dikaruniai anak wajib memotong kambing? Dan bagaimana jika sohibul hajat tidak mampu? Apakah diganti dengan yang lain atau bagaimana?

Menjawab dari pertanyaan diatas adalah cukup mudah bagi yang sudah mendalami ilmu agama islam. Dalam islam, ada sebuah kumpulan ulama yang sering disebut Jumhur Ulama, mengatakan bahwa hukum untuk Anda yang baru saja melahirkan sang pujaan hati atau anak, ketika hari ke 7 atau kelipatan 7 yaitu 14, 21 menyarankan menyembelih hewan kambing atau domba. Apakah wajib? Jawabannya adalah hukumnya Sunah muakad.

Jawaban tersebut di tuliskan dalam fatwa no 1776, 3116, 4861, 8052, 9029, 12591, yang dapat kita simpulkan bahwa bagi siapa orang yang baru saja melahirkan atau dikaruniai sang anak maka hukumnya suna makkad yang artinya sangat sarankan.

Lalu berapa ekor kambing yang disarankan oleh ulama atau agama islam? Untuk anak laki laki 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan 1 ekor kambing. Tadi saya sempat membahas hari atau waktu yang sunahkan untuk melakukan Aqiqah yaitu hari ke 7, 14.21. Apakah wajib pada hari itu juga?
Jawabannya iya bagi yang merasa sudah mampu, tidak bila yang pada waktu itu memang belum ada rejeki. Lalu waktunya kapan jika bagi mereka mereka yang memang belum punya modal uang untuk membeli kambing atau domba?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya kemaren menyaksikan pengajian dari para ulama besar, mengatakan bahwa bila mana sang Ayah belum bisa melakukan Aqiqah pada waktu bayi, maka bisa dilakukan setelah dewasa.

Jika pada waktu dewasa belum ada rejeki, maka acara syukuran Aqiqah bisa dilakukan menerima bantuan dari rekan atau saudara dekat. Untuk masalah penundaan waktu untuk melakukan Aqiqah tidak menimbulkan dosa, namun tetapi jika Anda merasa sudah mempu dan ada rejeki yang kiranya lebih bisa dilakukan lebih cepat.

Tujuan dari Aqiqah ini adalah untuk menunjukan rasa bersyukur atas bayi yang telah lahir di Dunia ini dan juga supaya selamat menolak setan darinya, yang sudah dijelaskan sangat jelas pada Ibnul-Qayyim dalam kitabnya yaitu Tuhfat al-Wadud fi Ahkâm al-Maulud.

Apakah semua jenis kambing dan domba bisa untuk melakukan Aqiqah? Jawabannya adalah tidak, ada syarat tertentu jenis kambing yang diperbolehkan yaitu kambing berusia 1 tahun dan domba 6 bulan. Juga kambing atau domba masih dalam keadaan sehat jasmani tidak ada cacat sekecilpun.

Untuk Anda yang masih awam tentang Aqiqah dan bingung memulai dari mana, maka saya rekomendasikan memakai jasa Aqiqah di aqiqahalkautsar.com. Kenapa harus disitu? Karna di aqiqahalkautsar.com sudah tahu persis jenis kambing yang bagus untuk Aqiqah dan juga tahu persis tata caranya untuk menyembeli hewan Aqiqah.

Cukup jelas bukan? Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *